T: Suamiku meninggal, maka hal apakah yg wajib aku lakukan dan apa perkara yg dilarang aku lakukan?
J: Alhamdulillah.
Ihdad (masa berkabung) telah datang di dalam hadis hadis yang sahih yang menjelaskan perkara-perkara yang dilarang untuk dilakukan seorang istri yang ditinggal mati suaminya. Hal itu ada lima perkara:
1. Hendaknya dia selalu berada di rumahnya, yaitu rumah dia tinggal saat suaminya meninggal sampai habis masa iddah yaitu selama 4 bulan 10 hari. Kecuali bila dia dalam keadaan hamil maka masa iddahnya adalah sampai dia melahirkan kandungannya. Sebagaimana firman Allah ta’ala:
“Dan wanita-wanita yang hamil maka masa iddahnya sampai melahirkan kandungannya mereka.”
Dia tidak keluar dari rumahnya kecuali untuk satu kebutuhan atau perkara yang mendesak, seperti dia periksa di rumah sakit ketika dia sakit, atau dia membeli kebutuhan dia di pasar, seperti makanan dan yang semisalnya. Hal ini Jika dia tidak memiliki orang yang bisa menunaikan hal tersebut. Demikian juga dia boleh keluar dari rumahnya bila rumah tersebut rusak, maka dia boleh keluar darinya pindah ke rumah yang lain. Atau juga bila di rumah tersebut tidak ada orang yang menemaninya dan dia khawatir atas dirinya. Tidak mengapa dia keluar dari rumahnya ketika ada kebutuhan.
2. Hendaknya dia tidak memakai baju yang menarik, berwarna kuning, hijau atau yang lainnya, hendaknya dia memakai baju yang tidak menarik, bisa berwarna hitam, hijau atau yang lainnya. Intinya bajunya jangan menarik, demikian yang diperintahkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.
3. Hendaknya dia menjauhi perhiasan- perhiasan dari emas, perak, intan, mutiara dan yang semisalnya, baik berbentuk kalung, gelang, cincin dan yang semisalnya, sampai habis masa iddahnya.
4. Hendaknya dia menjauhi wewangian, tidak memakai buhur atau wewangian yang lainnya. Kecuali jika dia suci dari haid secara khusus mereka tidak mengapa untuk memakai sebagian buhur.
5. Hendaknya dia menjauhi celak mata. Dia tidak boleh untuk bercelak atau melakukan perkara-perkara yang mirip dengan celak yaitu mempercantik wajahnya. Tetapi memakai air dan sabun maka tidak mengapa, hal itu biasa. Karena celak mempercantik mata. Dan perkara-perkara yang mirip dengan celak (bisa mempercantik) yang dilakukan oleh wanita pada wajahnya maka tidak dilakukan.
Lima perkara ini wajib untuk dijaga oleh seorang wanita ketika suaminya meninggal.
Adapun sebagian perkara yang disangka oleh sebagian orang dan diadakan oleh mereka, yaitu bahwasanya wanita tersebut tidak boleh berbicara dengan seorang pun, tidak boleh menelpon tidak boleh mandi kecuali satu kali dalam sepekan, tidak boleh berjalan di dalam rumahnya dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak boleh keluar dari rumahnya ketika ada cahaya rembulan dan yang semisalnya; ini merupakan khurafat. Dan tidak ada landasannya dalam syariat.
Bahkan wanita tersebut boleh untuk berjalan di rumahnya dengan memakai alas kaki ataupun tidak, boleh untuk memenuhi hajat kebutuhannya di dalam rumah seperti memasak makanan atau memasakkan untuk tamunya, boleh berjalan keluar ketika ada cahaya rembulan baik di bawah atap atau di taman rumah, dia boleh mandi kapanpun dia ingin, dia boleh berbicara kapan dia ingin dengan perbincangan yang tidak mengandung keraguan, dia boleh bersalaman dengan wanita demikian juga dengan laki-laki yang merupakan mahramnya. Adapun bila laki-laki bukan mahram maka tidak boleh. Boleh melepaskan kerudungnya dari kepala di dalam rumahnya bila tidak ada laki-laki yang bukan mahram.
Hendaknya dia tidak memakai kutek kuku dan minyak wangi za’faron. Karena za’faron merupakan salah satu jenis minyak wangi.
Dia juga tidak boleh dilamar saat masa iddah, tapi kalau dengan bahasa sindiran, maka boleh. Sedang dengan kalimat lamaran terang-terangan maka tidak boleh. Dan Allah-lah yang memberi taufik.
Fatwa Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz bin baz dari kitab fatawa Islamiyyah 3/315-316.
السؤال1:
مات زوجي فماذا عليّ أن أفعل . ما هي الأشياء التي أمتنع عنها ؟
الجواب1:
الحمد لله
المحادة جاء في الأحاديث ما ينبغي أن تمتنع عنه ، وهي مطالبة بأمور خمسة :
الأمر الأول : لزوم بيتها الذي مات زوجها ، وهي ساكنة فيه تقيم فيه حتى تنتهي العدة ، وهي أربعة أشهر وعشراً ، إلا أن تكون حبلى ، فإنها تخرج من العدة بوضع الحمل ، كما قال الله ـ سبحانه وتعالى ـ : ( وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملهن ) . ولا تخرج منه إلا لحاجة أو ضرورة كمراجعة المستشفى عند المرض وشراء حاجتها من السوق كالطعام ونحو ذلك ، إذا لم يكن لديها من يقوم بذلك ، وكذلك لو انهدم البيت ، فإنها تخرج منه إلى غيره ، أو إن لم يكن لديها من يؤنسها وتخشى على نفسها ، لا بأس بذلك عند الحاجة .
الأمر الثاني : ليس لها لبس الجميل من الثياب لا أصفر ولا أخضر ولا غيره ، بل تلبس من الثياب غير الجميل ، سواء كان أسود أو أخضر أو غير ذلك ، المهم أن تكون الثياب غير جميلة ، هكذا أمر النبي صلى الله عليه وسلم .
الأمر الثالث : تجنُّب الحليّ من الذهب والفضة والماس واللؤلؤ ، وما أشبه ذلك سواء كان ذلك قلائد أو أساور أو خواتم ، وما أشبه ذلك حتى تنتهي العدة .
الأمر الرابع : تجنُّب الطِّيب ، فلا تتطيب لا بالبخور ولا بغيره من الأطياب ، إلا إذا طهرت من الحيض خاصة ، فلا بأس أن تتبَخَّر ببعض البخور .
الأمر الخامس : تجنُّب الكحل ، فليس لها أن تكتحل ولا ما يكون في معنى الكحل من التجميل للوجه ، التجميل الخاص الذي قد يفتن الناس بها ، أما التجميل العادي بالماء والصابون فلا بأس بذلك ، لكن الكحل الذي يجمِّل العينين وما أشبه الكحل من الأشياء التي يفعلها بعض النساء في الوجه ، فهذا لا تفعله .
فهذه الأمور الخمسة يجب أن تُحفظ في أمر من مات عنها زوجها .
أما ما قد يظنه بعض العامة ويفترونه ، من كونها لا تكلِّم أحداً ، ومن كونها لا تُكلِّم بالهاتف ، ومن كونها لا تغتسل في الأسبوع إلا مرة , ومن كونها لا تمشي في بيتها حافية ، ومن كونها لا تخرج في نور القمر ، وما أشبه هذه الخرافات ، فلا أصل لها بل لها أن تمشي في بيتها حافية ومنتعلة ، تقضي حاجتها في البيت تطبخ طعامها وطعام ضيوفها ، تمشي في ضوء القمر ، في السطح وفي حديقة البيت ، تغتسل متى شاءت ، تكلِّم من شاءت كلاماً ليس فيه ريبة ، تصافح النساء ، وكذلك محارمها ، أما غير المحارم فلا ، ولها طرح خمارها عن رأسها إذا لم يكن عندها غير محرم ، ولا تستعمل الحناء ولا الزعفران ولا الطيب لا في الثياب ولا في القهوة ، لأن الزعفران نوع من أنواع الطِّيب ، ولا يجوز أن تُخطَب ، ولكن لا بأس بالتعريض ، أما التصريح بالخطبة فلا ، وبالله التوفيق .
فتوى الشيخ ابن باز من كتاب فتاوى إسلامية ج/3 ص/315-316
https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=35440