Hukum Membunuh Ular di Dalam dan Luar Rumah di Tanah Haram atau Selainnya

MEMBUNUH ULAR

Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkhali hafizhahullah berkata:

 “Membunuh ular secara umum di tanah yang bukan haram atau di tanah haram (tanah suci). Tidaklah diberi belas kasih dan tidak ditunda.”

Perintah untuk membunuh ular secara umum baik hal itu di tempat halal, maka perintahnya sangat jelas, yaitu di wilayah halal, Atau bahkan di wilayah haram Mekah -yang tidak boleh membunuh padanya hewan-hewan ini dan juga memburunya-, wilayah haram juga boleh ular-ular dibunuh padanya. Maka wilayah halal dan haram sama hukumnya.

“Tidak ditunda” maksudnya tidak ada waktu penundaan, tetapi ular itu dibunuh secara langsung.

Lalu membunuh ular di rumah dilarang

Karena jin muslim, dalam bentuk itu mereka berwujud.

Kemudian setelah itu datang larangan tentang membunuh ular rumah. Datang padanya peringatan dan penundaan. Engkau menunggunya selama tiga, dan engkau memperingatkannya selama tiga hari. Maka penjelasan ini sekarang sebagai pengecualian “tidak ditunda”. Karena jin-jin muslim menyerupakan diri dalam bentuk ular, mereka nampak dalam bentuk ular.

http://ar.miraath.net/fawaid/9746

PERINGATAN SELAMA TIGA: YAITU TIGA HARI, TIGA MALAM, TIGA KALI

Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkhali hafizhahullah menjelaskan:

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: “Sesungguhnya rumah-rumah kalian itu ada penghuninya, maka peringatkan mereka selama tiga.” Sebagaimana juga datang dalam sebuah hadits dalam Shahihain: “Jika nampak kepada kalian, maka berilah peringatan kepada mereka selama tiga.” Maksudnya: tiga hari, tiga malam, tiga kali.

“Maka berilah peringatan kepada mereka. Kalau nampak kepada kalian setelah itu dari mereka maka bunuhlah.”

http://ar.miraath.net/fawaid/9748

KENAPA JIN DALAM BENTUK ULAR BILA MENAMPAKKAN DIRI SETELAH PERINGATAN KETIGA TETAP DIBUNUH?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam Majmu Fatawa 45/19 berkata:

Jika ada ular di rumah, kadang dia adalah jin, maka diberi toleransi selama tiga. Jika pergi itu yang diharapkan. Jika tidak mau pergi maka dibunuh.

Jika dia jin, maka dia telah terus-menerus dalam sikap permusuhan (‘udwan) dengan munculnya dia kepada manusia dalam bentuk ular, dia membuat manusia ketakutan dengan hal itu. Dan pihak yang memusuhi adalah ash-shail (penyerang) yang diperbolehkan melawannya, dengan perkara yang bisa menolak bahayanya, meskipun dengan cara membunuh. Adapun membunuh mereka tanpa sebab yang membolehkan hal itu, maka ini tidak boleh.”

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=121246

TATA CARA MEMBERI PERINGATAN DAN APA BENTUKNYA

Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam tanya jawab:

T: Berkaitan dengan masalah memberi peringatan selama tiga sekaligus …

J: Tidak, tiga kali dia muncul. Dia muncul kali pertama, diberi peringatan kemudian dia keluar. Kali kedua (muncul), diberi peringatan. Kemudian kali ketiga (muncul), diberi peringatan. Ini tiga kali.

T: Maksudnya: dia keluar, jika kembali diberi peringatan kali yang lain.

J: Bagaimana?

T: Bagaimana bentuk peringatannya?

J: Ucapan biasa, diandaikan dia adalah orang yang memahamimu.

Karena ular itu jika memang hewan yang mengganggu, dia tidak akan memahamimu. Jika dia berupa jin, maka jin itu akan mendengar, memahami dan seterusnya…. Inilah rahasia dalam ditempuhnya cara ini. Karena jika ular itu berupa jin yang menyerupakan diri dalam bentuk ular, maka dia akan mendengarkan ucapan dan memahaminya dan mengetahui di belakang peringatan jika dia tetap membandel untuk menyelisihinya, dia akan dibunuh, maka dia akan merespon peringatan itu, dia tidak akan kembali ke rumah tersebut.

Namun jika dia berupa hewan (beneran), dia tidak mendengar, tidak memahami.

Maksud dari hal ini: seakan ada seorang di depanmu, engkau berbicara kepadanya, dia memahamimu. Dan ular ini jika sebenarnya jin, maka dia akan memahamimu. Inilah rahasianya.

www.alalbany.net/?wpfb_dl=3177

BAGAIMANA KALAU PERINGATAN BELUM KALI KETIGA TETAPI ULAR ITU MENGGANGGU ATAU MENYERANG?

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah dalam Majmu Fatawa Beliau (2/229-230):

Adapun selain dua jenis itu (ular buntung tak berekor dan ular yang begaris hitam dua di pungguhnya bila ditemukan dalam rumah), maka tidak dibunuh, tetapi diberi peringatan tiga kali, dengan mengatakan: “Aku peringatkan engkau jangan berada di rumahku”, atau kalimat yang semisalnya yang menunjukkan memperingatkannya dan tidak mengijinkannya tinggal di rumahnya. Jika dia tetap setelah peringatan ini, maka maknanya bahwa ular itu bukan jin. Atau jika dia jin, telah menghalalkan ditumpahkan dirinya. Ketika itu boleh dia membunuhnya.

Namun jika ular tersebut memusuhi orang itu dalam keadaan ini, maka orang itu berhak melawannya meskipun dalam kali pertama. Jika tidak bisa ditolak gangguannya kecuali dengan membunuhnya, atau serangannya tidak bisa ditolak kecuali dengan membunuhnya, maka orang itu berhak membunuhnya ketika itu. Karena itu termasuk bab membela diri.

SELESAI


قتلُ الحيَّات

مستفاد من: شرح نظم لامية المنسوخ – الدرس 06 | للشيخ: محمد بن هادي المدخلي

قتل الحيات عمومًا في الحل، أو في الحرم لا يُترفق ولا يُتمهل بها.

الأمر بقتل الحيات عمومًا -الأفاعي الثعابين-, سواءً كان ذلك في الحل فالأمر ظاهر يعني في منطقة الإحلال الحلال أو حتى كانت في الحرم,الحرم المكي الذي لا يجوز فيه القتل لهذه الدواب ولا اصطيادها فحتى الحرم أيضًا يجوز قتل الحيات فيه,

فالحرم والحل سواء في الحكم “لا مهلُ” يعني: لا انتظار تقتل مباشرةً.

وبعدُ عن قتل حياتِ البيوتِ نُهــي ** لمسلمِ الجن إذ في زيها مثــــلُوا

ثم جاء بعد ذلك النهي عن قتل حيات البيوت، وجاء فيه الإنذار والإنظار, الإنظار تنتظر ثلاثًا، والإنذار تُنْذرها ثلاثة أيام, فجاء هذا الآن استثناء من “لا مهل “. لأجل مسلمي الجن كانوا يتمثلون في زي الحيات، يظهرون في زي الحيات.

http://ar.miraath.net/fawaid/9746

عُمَّار البيوت

مستفاد من: شرح نظم لامية المنسوخ – الدرس 06 | للشيخ: محمد بن هادي المدخلي

قال -عليه الصلاة والسلام-: ((إِنَّ لِبُيُوتِكُمْ عُمَّارًا، فَحَرِّجُوا عَلَيْهِنَّ ثَلَاثًا)) يعني: أنذِروها، ((فَحَرِّجُوا عَلَيْهِنَّ ثَلَاثًا)) يعني: أنذِروها، كما جاء ذلك أيضًا في الحديث في الصحيحين، ((فَإِنْ بَدَا لَكُمْ فَحَرِّجُوا عَلَيْهِنَّ ثَلَاثًا)) يعني: ثلاثة أيام، ثلاث ليال، ثلاث مرّات،

 ((فَحَرِّجُوا عَلَيْهِنَّ، فَإِنْ بَدَا لَكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ مِنْهُنَّ شَيْءٌ فَاقْتُلُوهُ))،

http://ar.miraath.net/fawaid/9748

قال شيخ الإسلام ابن تيمية -رحمه الله-:

فإذا كان حيات البيوت قد تكون جنا فتؤذن ثلاثا فان ذهبت والا قتلت، فانها ان كانت حية قتلت وإن كانت جنية فقد أصرت على العدوان بظهورها للإنس فى صورة حية تفزعهم بذلك والعادي هو الصائل الذي يجوز دفعه بما يدفع ضرره ولو كان قتلا وأما قتلهم بدون سبب يبيح ذلك فلا يجوز]اهـ.

مجموع الفتاوى/(45/19).

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=121246

السائل : بالنسة للإنذار يكون ثلاثا بنفس …

الشيخ : لا ثلاث مرات تطلع ، طلعت أول مرة أنذرت ثم خرجت مرة ثانية فانذرت ثم الثالثة فأنذرت هذه ثلاث مرات .

السائل : يعني تخرج وإذا عادت تنذرها مرة أخرى .

الشيخ : كيف .

السائل : كيف بتكون عملية الإنذار ؟

الشيخ : كلام عادي كما لو كان شخص يفهمك ، لأنها إن كانت حيوانا مؤذيا لا تفهم عليك ، وإن كان جانّا فالجن يسمعون ويفهمون إلى آخره … هذا هو السر في اتخاذ هذه الوسيلة لأنها إذا كانت جنا متشبها بالحية فهي تسمع الكلام وتفهمه وتعرف بأن وراء الإنذار إذا أصرت على المخالفة أنها ستقتل فهي ستتجاوب مع الإنذار وسوف لا تعود إلى الدار أما إن كانت من الآفات فهي حيوان لا تسمع و لا تفهم

فهذا هو يعني كأن إنسان أمامك تكلمه فهو يفهمك وهذه الحية إن كانت جنا فهي أيضا تفهمك هذا هو السر .

www.alalbany.net/?wpfb_dl=3177

قال الشيخ محمد بن صالح بن محمد العثيمين رحمه الله في مجموع فتاوى ورسائله 22/229-230:

وما عداهما فإنه لا يقتل ولكنه يحرج عليه ثلاث مرات بأن يقول لها: أحرج عليك أن تكوني في بيتي، أو كلمة نحوها مما يدل على أنه ينذرها ولا يسمح لها بالبقاء في بيته، فإن بقيت بعد هذا الإنذار فمعنى ذلك أنها ليست بجن، أو أنها وإن كانت جنّاً أهدرت حرمتها حينئذ يقتلها،

 ولكن لو اعتدت عليه في هذه الحال فإن له أن يدافعها لو بأول مرة فإن لم يندفع أذاها إلا بقتلها أو لم تندفع مهاجمتها إلا بقتلها فله أن يقتلها حينئذ، لأن ذلك من باب الدفاع عن النفس. اهـ

Comments are closed.