Hukum Andilnya Wanita Dengan Tulisan Dalam Pelajaran Yang Diadakan Di Forum-Forum Salafiyah

Syaikh Ubaid ditanya tentang hukum andilnya wanita dengan tulisan dalam pelajaran yang diadakan di forum-forum salafiyah?
Jawab:
Pertama:
Bukanlah termasuk jalan salaf kerjasama atau bersekutunya laki-laki dan wanita dalam perkara yang kita sebut sekarang pada masa kita sebagai nadawat (forum-forum/symposium-simposium).

Seorang wanita bila menghadiri satu forum, dia mendengar. Jika dia mempunyai satu musykilah dia menulis pertanyaannya.
Adapun jika dia bergabung dalam menetapkan, meneliti, membuat kaidah dan landasan permasalahan-permasalahan, maka ini bukanlah termasuk yang ditempuh salaf.

Kedua:
Aku mengingatkan kaum wanita muslimah dari bergabung dalam forum-forum yang diadakan melalui jaringan-jaringan internet. Telah sampai kepada kami berita terpercaya bahwa orang-orang yang sakit hati dari dua pihak sebagian mereka bertemu di forum-forum ini.

Aku telah bertanya kepada sebagian orang-orang khusus: tidakkah mungkin menghalangi antara keduanya? Kemudian dia menjawab dengan: tidak mungkin. Seorang lelaki berteman dengan wanita melalui jaringan internet kemudian berduaan dengannya dan berbincang dengan apa yang dia kehendaki. Ini termasuk dari perkara yang membuat wanita muslimah untuk merendahkan ucapan.

Kemudian jelas bagiku terakhir: bahwa jika wanita itu mempunyai ilmu yang kokoh dalam as-sunnah, dia mengadakan satu ruang khusus bagi para wanita, dia mengajari mereka melalui ruang tersebut, tertutup khusus untuk mereka, yang selain mereka tidak bisa masuk. Ini aku harap tidak apa-apa Insya Allah, selama perkumpulan itu khusus wanita dan dijamin tidak ada lelaki yang bergabung dengan mereka. Jumlah tertentu yang dikenal oleh pemilik ruang ini. Maka aku berharap tidak apa-apa Insya Allah. Wallahu a’lam.

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=122755

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + seven =