Hubungan Mempelajari dan Mengajari Kitab al-Ushul ats-Tsalatsah dengan Pertanyaan Alam Barzakh

Oleh: Syaikh Shalih alusy-Syaikh hafizhahullah

Sepantasnya kita untuk semangat pada risalah tsalatsah al-ushul, mengajarinya kepada masyarakat umum, para wanita di rumah-rumah, anak-anak dan semisalnya sesuai dengan kemampuan yang diajak bicara tentang hal itu.
Dulu para ulama kita rahimahumullah perhatian dengan tsalatsah al-ushul (tiga landasan utama) baik belajar dan mengajar. Bahkan mereka dulu biasa bersama-sama sejumlah orang setelah shalat subuh untuk mempelajari tentangnya, atau menghapalnya dan mempelajarinya.
Yang demikian itu adalah puncak dalam mengharap dan menyukai kebaikan untuk para hamba Allah yang beriman. Karena kebaikan yang terbesar yang engkau curahkan kepada kaum mukminin adalah dalam perkara yang menyelamatkan mereka ketika seorang hamba ditanya dua malaikat di dalam kuburnya. Karena ketika dia menjawab dengan jawaban yang benar, dia akan hidup setelahnya dengan bahagia. Jika jawabannya tidaklah benar, maka dia akan hidup setelah itu dengan ancaman kecelakaan dan adzab, kita berlindung kepada Allah dari hal itu…

Risalah tsalatsah al-ushul adalah risalah yang penting bagi setiap muslim. Dulu para ulama kita perhatian dengannya dengan memberikan penjelasan dalam awal mereka memulai syarah kitab para ulama. Demikian ini karena di dalam risalah ini ada jawaban tentang pertanyaan kubur yang tiga, yaitu tentang pertanyaan dua malaikat kepada seorang hamba tentang Rabbnya, agamanya dan nabinya. Itulah tsalatsah ushul (tiga landasan utama), yaitu seorang hamba mengenal Rabbnya, sesembahannya, mengenal agamanya, agama islam dengan dalil-dalilnya dan mengenal nabinya ‘alaihish shalatu wassalam. Dari sini menunjukkan pentingnya risalah ini, karena di dalamnya ada banyak landasan/dasar tauhid dan agama.

(Sumber: Transkrip Syarah Kitab Tsalatsah al-Ushul bagian awal dari islamspirit.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =