Hukum Sujud Sughra: Meletakkan Dahi di atas Tangan Orang lain Setelah Menciumnya

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah menjelaskan tentang hal ini:

“Adapun sujud di atas tangan yaitu bentuknya dia bersujud di atas tangan orang, dia meletakkan dahinya di atas tangan orang, ini sesuatu yang haram. Sebagian ahli menyebutnya sebagai sujud sughra (kecil). Ini tidak boleh. Yaitu dia meletakkan dahinya di atas tangan seseorang sebagai bentuk sujud di atasnya.”

Bisa dilihat di http://sunnah.web.id/mencium-tangan-orang-shalih-membungkuk-untuk-dia/

Hal ini diperjelas dengan diskusi di https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=112263

Di forum sahab ini dibawakan beberapa perkataan dan sikap ulama, antara lain:

1. Fatwa Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah, beliau berkata:

( الانحناء عند السلام حرام إذا قصد به التحية. وأَما إن قصد به العبادة فكفر. و وضع اليد على الجبهة مثل السجود ويدخل في الشرك )

“Merunduk ketika memberi salam adalah haram jika diniatkan untuk tahiyyah, sedangkan jika diniatkan untuk ibadah maka itu perbuatan kufur. Sedangkan meletakkan tangan di atas dahi seperti sujud masuk dalam kesyirikan.”

2. Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah di atas.

3. Amalan Syaikh Bin Baz rahimahullah ketika mengingkari orang yang meletakkan dahinya di tangan Syaikh bin Baz setelah mencium tangan beliau, seperti dikisahkan seorang dalam diskusi:
زرت سماحة الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز رحمه الله في مكة عام 1409 أو 1410 فسلم عليه رجل وقبل يده ووضع جبهته على يد الشيخ فأنكر عليه الشيخ ذلك وقال إنه من السجود لغير الله .

Comments are closed