Bagaimana Seorang Muslim Memurojaah Apa yang Dia Hafal dari al-Qur’an?

Dijawab oleh Syaikh Zaid Al-Madkhali hafizahullah

Pertanyaan: Semoga Allah memberikan kebaikan kepada anda, seorang penanya dari Perancis bertanya: bagaimana seorang muslim memurajaah hafalan al-Qurannya jika hafalannya telah sampai sepertiganya. Apakah dia membacanya setiap hari hingga dia tidak lupa atau bagaimana? Berilah jawaban kepada kami, semoga anda mendapatkan pahala.
Jawab: Para ulama berkata bahwa menghafal al-Qur’an adalah penting, berusaha menjaganya lebih penting.
Barangsiapa yang menghafal sesuatu dari al-Qur’an maka hendaknya dia menjaganya sesuai dengan kemampuannya. Memungkinkan bagi dia untuk membacanya pada shalat fardhu atau shalat nafilah. Hendaknya dia membacanya ketika dia safar, atau berangkat atau kembali ke rumahnya. Hendaknya dia membacanya ketika dia berbaring di tempat tidurnya. Dan hendaknya dia menjadikan suatu waktu khusus untuk murajaah sesuai dengan kesempatan dan kesibukan mereka.
Murajaah itu tidaklah sukar, tapi mudah dan bermanfaat. Faedahnya termasuk amalan yang terbaik dan termulia. Karena engkau ketika mengulang yang engkau hafal engkau akan mendapatkan kebaikan yang tidak bisa engkau hitung. Akan tetapi Allah akan menghitungnya dan membalas kamu sesuai dengannya. Karena setiap huruf akan dihitung satu kebaikan, dan satu kebaikan dibalas dengan sepuluh. Barangsiapa yang mendatangkan sebuah kebaikan maka dia akan mendapat sepuluh (10) kali semisalnya, dan dilipatgandakan sampai tujuh ratus (700) lipat padahal itu cuma satu huruf yang engkau ucapkan dari al-Qur’an. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentangnya:
لا أقول “ألم “حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف
“Aku tidak mengatakan bahwa alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”
Ini kalta alif lam mim, tiga huruf dibalas dengan tiga puluh (30) kebaikan bahkan sampai kelipatan yang lebih banyak dari itu.
Kemudian engkau membaca yang mudah untukmu, engkau akan mendapatkan pahala dengan keikhlasan niat dan mengharap pahala. Engkau mengulangi hafalanmu yang sedikit atau banyak. Setiap engkau mengulanginya, engkau akan mendapatkan pahala yang banyak.
Para ulama tafsir telah meniliti dan mengatakan bahwa huruf al-Qur’an mencapai sekitar 323.671 huruf. Ini jumlah huruf al-Qur’an jika engkau sempurnakan membaca mushaf itu, baik engkau baca dengan melihat mushaf atau dengan hafalan. Engkau akan mendapatkan penghasilan yang agung yang tidak ada bandingannya, yang tidak membutuhkan darimu jerih payah, bahkan engkau bisa merasa lapang jika engkau membaca kalamullah (al-Qur’an). Maka engkau bermunajat kepada Allah dengan kalam-Nya (firman-firman-Nya). Wallahu a’lam.

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=113036&view=findpost&p=550193

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 17 =