Apakah syarat syari bolehnya hadiah? Fatwa Al Lajnah Ad Daimah Syaikh Ibnu Baz

Berikut jawaban dari pertanyaan “Apakah syarat syari bolehnya hadiah” yang disodorkan kepada Al Lajnah Ad Daimah yang diketuai oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz:

S: Apakah syarat syar’i bolehnya hadiah?

J: Bolehnya hadiah ada syaratnya:

  1. Adanya ijab qabul. Misal orang yang memberi mengatakan: “Aku memberimu barang yang demikian.” Kemudian orang yang diberi menjawab: “Aku terima.” Atau ucapan atau perbuatan yang menunjukkan pada makna ini, maka hukumnya sama.
  2. Hendaknya hadiah itu dalam perkara yang sudah diketahui, maka tidak sah hadiah perkara yang tidak diketahui.
  3. Hendaknya hadiah itu bisa untuk diserahkan, maka tidak sah hadiah dalam perkara yang tidak dia kuasai.
  4. Hendaknya hadiah itu tidak dalam proses jual beli padahal belum dalam genggamannya.
  5. Hendaknya hadiah itu tidak terkait dengan satu syarat yang harus dipenuhi di masa datang.
  6. Adil dalam masalah hadiah. Jika hadiah itu untuk anak-anak, maka tidak boleh orang tua mengkhususkan seorang dari anak-anaknya dengan sesuatu dibanding yang lainnya, karena alasan mengutamakannya dari yang lain (bukan karena kebutuhan atau kefakiran pada salah satu anaknya tersebut misalnya, pent).
  7. Tidak dimaksudkan dengan hadiah tersebut makna sogokan (risywah), seperti memberi hadiah kepada para petugas/pegawai/karyawan. Seperti: hadiah orang yang kepada petugas, atau seorang murid sekolah berjenjang kepada ustadz/gurunya.

Hanya kepada Allah kita memohon taufik. Semoga shalawat dan salam Allah terlimpah kepada nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para shahabatnya.

Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al Ilmiyyah wa Al Ifta
Tertanda:
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Anggota:
Abdul Aziz Alus Syaikh
Shalih Al-Fauzan
Bakr Abu Zaid

Diterjemahkan dari:

السؤال الأول من الفتوى رقم ( 17627 )

س: ما هي الشروط الشرعية لجواز الهدية؟

ج1: يشترط لجواز الهدية: 1 – الإيجاب والقبول، فيقول الواهب مثلا: وهبتك كذا، ويقول الموهوب له: قبلت، وأي قول أو فعل دل على هذا المعنى فله حكمه. 2 – أن تكون في معلوم، فلا تصح في مجهول. 3 – أن تكون مقدورا على تسليمها، فلا تصح في المعجوز عن تسليمه. 4 – ألا تكون في المبيع قبل قبضه. 5 – ألا تكون معلقة على شرط مستقبل. 6 – العدل فيها، إذا كانت للأولاد، فلا يجوز أن يخص الوالد أحدا من أولاده بشيء دون الآخرين، على سبيل الأثرة. 7 – ألا يقصد بها معنى الرشوة كهدايا العمال، مثل: هدية المراجع للموظف، والطالب لأستاذه في الدراسة النظامية.

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو … عضو … عضو … الرئيس

بكر بن عبد الله أبو زيد … عبد العزيز بن عبد الله آل الشيخ … صالح بن فوزان الفوزان … عبد العزيز بن عبد الله بن باز

Comments are closed